Senin, 19 September 2011

Mood Swing.. Bad Temper...

Suka bingung saya menghadapi orang yang punya sifat mood swing dan bad temper alias temper tantrum. Mood nya selalu naik turun,meledak,reda lagi,meledak,reda lagi... di sekitar saya ada beberapa orang yang punya sifat kayak gini. Cara ngadepinnya-kalo saya- suka saya cuekin dan saya hindari. Yang ada nanti kalau ditanggepin bisa ikut2an emosi tingkat tinggi juga..ya kan..??

 Wajar kalau kita terkadang suka marah,bete,kesel ataupun benci ataupun berubah jadi gembira,senang,bahagia,ceria..... namun kalau rasa itu berubah2 dalam hitungan jam bahkan menit wahhh...waspada dehhh... itu berarti anda sedang mengalami mood swing...

Kadang mau diperlakukan baik2 salah,mau nasehatin ehh malah dicecer abis2an..haishh... serba salah kan... lebih baik didiemin,tapi kok saya mrasa tidak berguna kalau ngebiarin orang semacam itu-melampiaskan nafsu dan emosinya- apalagi ke orangtua,istri atau suami...hadeuuuhhhh ga tahan dengernya..

Mood swing…????Apa itu…???Mungkin ada yang sudah mengenal istilah ini dan kemungkinan ada juga yang baru kali ini mendengar istilah ini. Mood swing atau biasa juga disebut dengan Oscillation of a person’s emotional feeling tone between period’ of euphoria and depression. Artinya yaitu suatu keadaan dimana terjadi fluktuasi atau perubahan kondisi emosi seseorang baik fisik maupun psikis dalam keadaan tertekan. Intinya, terjadinya perubahan perasaan pada seseorang yang tak menentu atau sering berubah-ubah. Kadang merasa senang, lalu tiba-tiba berubah menjadi kesal, marah atau bias sampai depresi sekalipun. 


Perasaan yang sering berubah-ubah ini dapat disebabkan oleh:

…Masalah yang sedang dihadapi

…Munculnya kejadian yang tiba-tiba terjadi

…Keadaan cuaca

…Perubahan hormon, misalnya masa PMS, kehamilan, menopause, pubertas dll


Mood swing jangan dianggap remeh atau disepelekan, karena jika sudah memiliki Mood swing yang tinggi ini akan berdampak pada kelainan psikologis yaitu bipolar disorder. Dimana perbedaannya dengan mood swing itu penderita bipolar disorder memiliki mood swing yang tinggi dan sangat mempengaruhi kualitas hidupnya dan mengganggu bahkan bisa “merusak” kegiatan sehari-hari. Maka dari itu, tak ada salahnya jika sering-sering mengecek apakah mood swing anda masih bisa di atasi atau sebaliknya yaitu berdampak sampai pada merugikan orang lain. Misalnya saja bisa mempengaruhi hubungan interpersonal (dengan orang lain), seperti interaksi dengan saudara, teman, orang tua dll. Karena saat suasana atau pikiran tidak jernih dalam menyampaikan suatu informasi, mau tidak mau cara kita menyampaikan informasi tersebuat sering kali ditanggapi secara terbalik oleh orang lain. Yang berakibat akan salah tanggap atau missunderstanding yang selanjutnya akan menimbulkan percekcokan.

Lalu, sekarang saatnya mencari tahu kira-kira mood swing kita tinggi atau rendah. Jika rendah itu hal yang tidak mengkhawatirkan tapi sebaliknya jika mood swing anda tinggi, berhati-hatilah dan tetap harus waspada. Kendalikan diri melalui hal-hal yang anda sukai atau yang tidak terduga, bisa juga dengan menikmati makanan yang anda sukai. Karena jika masing-masing orang bisa mengendalikan, maka suasana hati yang buruk akan segera membaik…

Sumber (yang digaris bawah) : http://kesehatan.kompasiana.com/kejiwaan/2011/02/26/sedikit-tentang-mood-swing/
 
Mood swing kadang disebabkan karena rasa bosan kita terhadap aktivitas sehari2 yang itu2 aja..butuh refreshing,tapi ga bisa..alhasil bete sepanjang hari,marah2 dan semua orang kena semprot. kalau saya - cara saya -menghilangkan kejenuhan rutinitas,dengan main the sims,atau baca buku,atau nnton DVD dan film korea..wawwwww... it works for me! abis itu bakalan seger n ceria lagi...bgmn cara anda??hehehe.....

Sekarang dengan bad temper...hayoooo terkadang pasti kita ngalamin bad temper...ngakuuu.... saking penuhnya nih kepala sama ini itu...panic attack... duuuaaaaarrrrrrrrr!!!meledaklah emosi kita...LOL!

Apa itu bad temper...????
adalah luapan emosi yang biasanya diikuti dengan egoisme, perasaan jengkel, benci, gusar, kecewa, dan menyalahkan pihak lain. Sejalan dengan rasa marah ini, maka seseorang yang mengalaminya akan mudah sekali kehilangan akal sehat dan kontrol diri. Seorang berkepribadian reaktif, impulsif, dan berpola pikir negatif akan cenderung mudah kehilangan kendali atas perasaannya. Akibatnya bila bentuk perasaan itu adalah kemarahan, maka yang bersangkutan bisa nampak seperti orang yang kehilangan kepribadian.

Kemarahan selalu berdampak negatif bagi siapa pun di sekitar orang itu. Apalagi jika perwujudannya mengarah ke pelampiasan secara fisik. Bad temper bisa menjadi penyakit kejiwaan yang kronis dan berbhaya. Dampak negatif dari mudahnya rasa marah muncul ke permukaan adalah buruknya relasi orang bersangkutan. Beberapa orang dengan kematangan pribadinya mampu mengelola rasa marah secara positif. Namun kebanyakan orang sulit mengendalikan rasa marahnya. Oleh sebab itu, jika ingin sukses dalam relasi pribadi dan sosial, persulitlah munculnya rasa marah berlebihan.


Sumber (yang digaris bawah): http://indodewasa.blogspot.com/2011/06/kalau-bisa-dipersulit-mengapa.html


So..sekarang..kendaliin diri,emosi jiwa kita yoookkkkk... perbanyak zikir dan mengaji..ini juga salah satu cara saya secara spiritual... dengan banyak mengingat Allah...wahhh otomatisssss....semua akan terkendali.. under control bahasa kerennya... Hope that help!!! :) cheerssss....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar